Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dikit-Dikit Berantem, Gimana sih Cara Biar Kakak Adik Bisa Rukun?




Orang tua wajib tau nih..

Sudah beberapa waktu ini kita diminta untuk tinggal di rumah. Bekerja dari rumah, belajar dari rumah, bahkan beribadah di rumah.

Momen di rumah saja ini memberikan dampak pada berbagai aspek kehidupan. Kesempatan di rumah aja juga membuat anak-anak menghabiskan banyak waktu dengan keluarga.

Dan sayangnya, punya anak-anak yang masih kecil memang membuat orang tua agak pusing belakangan ini. Belum lagi jika mereka bertengkar sampai berantem sepanjang hari, dijain makin bikin runyam deh.

Lantas gimana sih cara biar kakak adik bisa tetap rukun selama di rumah aja? Merangkum dari berbagai sumber, ternyata beberapa hal ini patut Mama dan Papa praktikkan.

1. Libatkan Kakak dalam Mengurus Adiknya

Melibatkan kakak dalam mengurus si kecil patut dicoba loh Moms. Cara ini bisa sekaligus bermanfaat untuk mendekatkan keduanya. Tapi perlu dipahami, jangan terlalu sering meminta kakak untuk 'mengurus' adiknya ya Moms, karena kakak bisa menjadi pendendam lho nantinya.

2. Biarkan Mereka Menghabiskan Waktu Bersama

Untuk menjalin kedekatan antara kakak adik, Mama dan Papa harus pintar-pintar memanfaatkan situasi agar mereka bisa menghabiskan waktu bersama. Ajaklah mereka untuk melakukan berbagai kegiatan bersama, misalnya berkebun, membuat kue, atau mungkin sekadar menonton tv atau mewarnai bersama.

3. Jangan Pilih Kasih

Yang seringkali nggak disadari, setiap orang tua pasti punya 'anak favorit' lho. Boleh saja sih, tapi sebaiknya hal itu nggak ditunjukkan di depan mereka ya Moms, karena anak lainnya tentu akan merasa jika orang tuanya pilih kasih. Jangan juga membanding-bandingkan anak, karena hal itu hanya akan menimbulkan rasa kesal dan kebencian pada saudaranya.

4. Ajarkan Kakak Adik untuk Saling Menghormati

Hubungan kakak adik harus seimbang dan tentu aja dengan timbal balik yang baik. Saat kakak diminta untuk menjaga dan mengasuh adiknya, maka si adik pun juga perlu diminta untuk menurut dan menghormati kakaknya. Orang tua tetap perlu memberi pemahaman pada keduanya mengenai perannya masing-masing dalam keluarga.

5. Berilah Pemahaman bahwa Keluarga adalah Yang Terpenting

Seiring bertambahnya usia, anak akan semakin mengenal dan menaruh ketertarikan pada banyak hal. Hal-hal tersebut mungkin saja menjauhkan anak dari keluarga. Wajar kok Moms, tapi tanamkan sejak kecil bahwa keluarga adalah hal yang terpenting. Sehingga apapun keadaannya, keluarga adalah tempat ternyaman untuk kembali.

Nah itu dia Moms, tips membuat kakak adik tetap rukun. Akan lebih baik jika hal tersebut diterapkan sejak mereka berusia dini ya.


Sumber : diadona.id

Post a Comment for "Dikit-Dikit Berantem, Gimana sih Cara Biar Kakak Adik Bisa Rukun?"